Rabu, 26 September 2012

Cara Perawatan Anak Kambing


Usia kehamilan Kambing Etawa biasanya berkisar antara 150 hari, kemudian biasanya anak kambing etawa atau biasa disebut cempe akan lahir.Saat kelahiran Kambing Etawa memang memerlukan perawatan dan penanganan lumayan serius agar cempe bisa selamat .
Apabila hari perkiraan kelahiran kambing etawa sudah dekat, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan,antara lain adalah ,handuk/kain kering,
betadine, kelapa muda, telur ayam kampung, madu
Sedangkan HPL (hari perkiraan lahir) kambing etawa biasanya dihitung 150 hari setelah kambing itu dikawinkan.sedangkan factor kesalahan biasanya tidak akan lebih dari 2-3 hari. Bisa maju 2-3 hari atau bisa mundur 2-3 hari.
Kambing Etawa yang akan melahirkan lebih baik di pisahkan dengan kambing yang lain hal ini bertujuan untuk menghindarkan agar anak yang  akan lahir nanti tidak terinjak oleh kambing yang lain .
Sesaat setelah anak kambing etawa lahir, kemudian segera diangkat dan disisihkan dari induknya.hal ini bertujuan untuk menghindari cempe terinjak atau tertindih oleh induk sendiri, karena induk yang melahirkan kadang suka berjalan,Anak kambing etawa atau cempe yang baru lahir kondisinya sangat rawan dan lemah,
Anak kambing etawa  yang baru lahir  kemudian di bersihkan dengan kain kering atau handuk, terutama pada bagian muka/hidung, karena anak kambing yang baru saja keluar biasanya hidungnya terganggu/tertutup oleh lendir, yang bisa menganggu atau mempersulit anak kambing untuk bernafas.
Anak kambing etawa  yang sudah kering, biasanya kemudian disiram dengan air kelapa muda., dengan tujuan agar bersih dari kotoran dan agar induknya bersemangat untuk menjilati anak yang baru lahir ,
Waktu normal yang dibutuhka untuk berdiri cempe biasanya tidak lebih dari 2 jam. Anak kambing etawa bisanya memiliki waktu normal sekitar 2 jam untuk bisa berdiri sendiri
Biasanya cempe pada awal-awal menyusui akan merasa kesulitan dalam mencari putting susu induk hal ini mengharuskan kita membantu anak kambing tersebut menyusu ke induknya, pada umum nya memerlukan waktu selama 3 hari untuk anak kambing etawa  untuk benar-benar bisa berdiri sendiri dengan tegak dan menyusu pada induknya.
Setelah anak kambing bener-benar kuat, biarkan selama 24 jam dalam seminggu dicampur cempe dengan induk, agar masa susu kolostrum induk benar-benar habis. Kalau susu kolostrum pada induk sudah habis, setelah itu anak kambing etawa di pisahkan kembali dengan induk agar anak kambing etawa hanya menyusu induknya 2 kali sehari hal ini bertujuan saat anak kambing etawa akan menyusu ke induk, posisi ambing sudah benar-benar penuh dan anak kambing etawa  akan minum susu induknya sampai benar-benar kenyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar