Senin, 23 Juli 2012

Gua Mampu Bone




Gua Mampu merupakan gua terbesar dan terluas dari sekian ba-nyaknya gua yang ada di Sulsel. Obyek ini berada di Desa Cabbenge, Kecamatan Duaboccoe, atau sekitar empatpuluh lima kilometer dari pusat Kota Watampone. Di dalam gua terdapat sejumlah bebatuan, stalaktit dan stalagmit.

Konon gua yang menawarkan keindahan panorama ini memiliki kisah legenda yang cukup tragis. Di mana legenda tersebut dikenal dengan Legenda Kutukan Mampu, yaitu kutukan yang menimpa Kerajaan Mampu.

Akibat kutukan itu, penduduk dan hewan yang berada di dalam wilayah Kerajaan Mampu seluruhnya menjadi batu. Perwujudan dari legenda ini dapat Anda saksikan lewat sejumlah bentuk bebatuan, yang menyerupai makhluk-makhluk hidup yang terdapat di dalam gua. Memasuki obyek ini, Anda diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar