Senin, 23 Juli 2012

Benteng Buntu Barana'



Benteng Buntu Barana' di Takala pada abad XVIII dulu dibuat Sia Ne'Salu bersama istrinya L. Ta'bi. Benteng Buntu Barana dibuat dengan basis pertahanan dalam menghadapi peperangan melawan musuh-musuh, baik yang datang dari luar maupu dari dalam. Benteng Buntu Barana' ini diperkuat oleh dukungan dari gabungan wakil-wakil masyarakat Tobarani seperti dari Tondon, Kesu', Madandan, Balepe', Pangala' dan beberapa kampung lainnya dalam suatu misi tersendiridari 10 orang yang lebih dikenal To Padatindo dalam menghadapi lawan yang datangnya dari luar Tana Toraja.
Benteng Buntu Barana' terdiri dari 3 bagian benteng, yaitu :
1.Benteng Batu Pa'patulelean terletak pada bagian selatan.
2.Benteng Mangunda'pa agak di bawah dari Benteng Buntu Barana'
3.Benteng Buntu Barana' pada bagian ketinggian.

Ketiga benteng ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain oleh karena merupakan satu kesatuan yang strategis sebagai benteng pertahanan yang tidak pernah terkalahkan, ketika perang melawan penjajahan Belanda, yang dipelopori oleh Tanga Layuk dan Sitto.

Pada lokasi Benteng Buntu Barana' juga kita dapat menyaksikan panorama yang sangat indah ke beberapa penjuru seperti arah ke Bori Tallunglipu dan kota Rantepao. Jaraknya dari kota Rantepao ± 4 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar