Rabu, 26 September 2012

Cara Pemilihan dan Pemasteran Burung Pentet/Cendet




Cara Pemilihan dan Pemasteran Burung Pentet/Cendet
Pentet adalah salah satu burung yang pintar menirukan sura burung lain sehingga sangat menarik untuk memaster pentet dengan burung-burung master maupun CD master yang sudah banyak di pasaran Burung-burung master yang enak dibawakan pentet : Cililin, Cucak jenggot, Love bird, Rembetan, pelatuk, jalak suren, kutilang ngekek, Pelatuk, parkit, siri-siri, cucak gadung, cucak cungko, gereja tarung,robin betina, pancawarna betina suara walang, suara jangkrik dan masih banyak burung lain yang mempunyai tonjolan dan ngerol dengan spead yang rapat.
Waktu yang paling tepat memaster pentet adalah ketika mabung dan sedang tumbuh bulu, tetapi pada saat normalpun memaster pentet juga bisa dilakukan tergantung kecerdasan si burung tersebut..
Dari pengalaman saya Untuk memaster pentet atau burung lain ada 2 cara menggunakan CD mastering dan menggunakan master burung asli. Kedua cara ini sudah saya coba dan sudah cukup berhasil..
1. Memaster dengan CD Master
untuk memaster pentet dengan CD mastering dilakukan tiap hari sebaiknya dilakukan siang, sore dan malam hari setelah proses penjemuran dan burung harus dikrodong. Cranya cukup dengan menyetel CD suara master yang kita inginkan dengan Volume yang pelan dan diputar 2-3 kali dalam sehari..lakukan terus selama seminggu kemudian baru ganti dengan CD master burung lain sesuai dengan keinginan kita..memang hasilnya tidak bisa 100% tapi minimal 20%-40% pasti bisa terekam tergantung daya tangkap si pentet. Untuk waktu pemasteran 2 bulan.

2. Memaster dengan Burung masteran
Untuk memaster pentet dengan burung masteran maksimal menggunaka 2 burung master dalam satu ruangan dan di ganti tiap minggu, untuk time dan kondisi sama seperti pada saat kita memaster dengan CD master..sebaiknya burung yang jadi master gacor. Catatan untuk memaster dengan cililin sedikit susah karena suara cililin yang keras bisa bikin pentet sedikit shock, sebaiknya memaster dengan cililin tidak satu ruangan denngan pentet tapi masih terdengat oleh pentet.

Waktu pemasteran 2 bulan tingakt keberhasilan 60%-80% tergantung tingkat kepandaian burung yang kita master...
Untuk burung yang sudah tua 5x keatas mabung sedikit susah memasternya jadi harus diperhatikan karakter suara burung yang suka dibawakannya kemudian cari burung master yang mirip karakter suara burung yang suka dibawakannya, hal ini akan lebih mudah bagi pentet tua....
usia emas untuk memaster burung dari mulai belajar bunyi sampai 3 x mabung, burung akan dengan sangat cepat menagkap maupun menirukansuara yang didengarkan.
Ada satu cara lagi memaster pentet untuk lomba dengan master pentet jawara yang memiliki variasi suara yang bagus, ini lebih gampang melakukannya karena pentet memang burung yang bisa saling mengisi..Hanya yang perlu diperhatikan jaraj antar burung harus agak jauh sehingga suara pentet master yang agak jadi guru terdengar perlahan.

Tips untuk memilih Cendet buat Lomba 
Fisik
Cendet buat Lomba sebaiknya memiliki mental tempur yang baik dan Rajin ngocehnya diusahakan Kita memilih cendet dengan kepala yang besar dan Bulat dengan mata yg jernih dan bersih(trengginas). Untuk Paruh Usahakan memilih yang Tebal dan panjang diyakini cendet memiliki Volume yg dasyat dan bertipe ngerol dan nembak, sedangkan paruh tipis diyakini cendet bertipe ngerol dan jarang memiliki tembakan dasyat..Untuk bentuk badan usahakan pilih yang proporsional dari kepala sampai ekor dan kondisi burung cenderung untuk rapi(tidak bondol dsb) karena menghindari cendet yg banyak polah(cabut bulu dsb) dan untuk KAKI pilih KAKI cendet yg besar dan kokoh karena cenderung lebih mudah disetting agar nancep pada saat Fighter.
USIA
Sebaiknya memulai dengan cendet yg mudah Hutan karena akan lebih mudah dan cepat mensettingnya di bandingkan bila memelihara dari trotol...Karena bila kita pelihara dari trotol cendet berpotensi besar buat menjadi manja..Carilah cendet yang sudah 2-3 kali mabung sehingga kita masih punya waktu untuk mensettingnya..
Mental
Ini yg agak sulit karena cendet MH biasanya masih sedikit giras, tapi bila kita perhatikan dalam kondisi tenang dan didekatkan dengan cendet lain maka burung yg bermental baik akan mulai kelihatan sifat tempurnya dengan mulai berbunyi walaupun cuman bunyi TOET..TOET....TOET....Perhatikan juga ekornya bila ekor cendet digerakkan berputar-putar berarti ada yang ditakutinya, bila tetap lurus berarti cendet mempunyai mental yang cukup baik.
Tips terakhir ane coba pantau cendet di latberan karena akan lebih mudah mendapatkannya ketimbang di pasar burung..tidak perlu mengambil cendet yg juara (pasti mahal)tapi kita liat bakat dan kelebihan yg di miliki burung tersebut pada saat dilapangan, sehingga dengan sedikit di POLES cendet ndeso bisa dioptimalkan untuk maen di level yang lebih tinggi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar